Share

Kisah Kento Momota, Mantan Raja Bulu Tangkis Dunia yang Sempat Menduduki Peringkat 1 BWF Selama Hampir 3 Tahun

Cahyo Yulianto, Jurnalis · Sabtu 20 April 2024 02:32 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 19 40 2998001 kisah-kento-momota-mantan-raja-bulu-tangkis-dunia-yang-sempat-menduduki-peringkat-1-bwf-selama-hampir-3-tahun-Nl394ZMNak.jpg Kento Momota memutuskan pensiun dari tim bulu tangkis Jepang usai Piala Thomas 2024 (Foto: Instagram/@momota_kento)
A A A

KISAH Kento Momota, mantan raja bulu tangkis dunia yang sempat menduduki peringkat 1 BWF selama hampir tiga tahun akan dibahas Okezone. Sebab, belum lama ini ada keputusan mengejutkan darinya.

Keputusan pensiun diumumkan oleh Momota pada Kamis 18 April 2024. Ia mengaku alasan utamanya untuk pensiun dari Tim Bulu Tangkis Jepang karena performanya yang sudah tidak seperti dulu lagi.

Kento Momota

Seperti diketahui, Momota merupakan salah satu atlet tunggal putra terbaik Jepang generasi saat ini. Per 27 September 2018, ia berhasil merebut kursi tertinggi tunggal putra dunia. Peringkat satu dunia itu sukses dipertahankan hampir tiga tahun lamanya.

Pada 2019, ia bahkan menjadi atlet yang sangat sulit dikalahkan. Momota sukses meraih 11 gelar dengan hanya menelan enam kekalahan dari total 73 pertandingan yang dijalani. Sebuah capaian yang sangat luar biasa bagi seorang pebulu tangkis dalam satu tahun.

Namun petaka terjadi pada 2020 saat mengalami kecelakaan mobil di Kuala Lumpur, Malaysia. Padahal, saat itu, Momota baru saja memenangkan Malaysia Masters 2020.

Di perjalanan, ia justru mengalami kecelakaan parah di mana sang sopir meninggal dunia. Momota sendiri harus menjalani operasi untuk memperbaiki rongga matanya yang retak.

“Pada saat kecelakaan itu terjadi, saya berbohong jika saya mengatakan saya tidak berpikir, 'Kenapa saya?’” kata Momota pada pengumuman pensiunnya dikutip dari The Japan Times, Sabtu (20/4/2024).

Setelah satu tahun absen untuk pemulihan, Momota memang seperti kehilangan sentuhan magisnya. Ditambah lagi, ia menderita penglihatan ganda yang membuatnya sangat sulit untuk kembali ke performanya sebelum tragedi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Ada banyak masa-masa sulit setelah kecelakaan lalu lintas itu. Saya mencoba untuk kembali ke cara bermain saya melalui trial and error, namun ada kesenjangan antara perasaan dan tubuh saya,” sambungnya.

“Itu terus berlanjut dan saya tahu saya tidak akan bisa kembali ke level di mana saya bersaing dengan para pemain terbaik dunia,” ungkap juara dunia dua kali itu.

Kento Momota

Dan setelah perjalanan panjang yang melelahkan pasca kecelakaan, pebulutangkis yang kini duduk di peringkat 52 ranking BWF itu memilih untuk menepi. Namun, ia tidak mau menyalahkan kecelakaan tersebut.

“Ada banyak kesulitan dan itu melelahkan saya, tapi saya tidak ingin menyalahkan masa-masa sulit itu sebagai penyebab kecelakaan itu,” ujar Momota.

"Saya ingin bangkit kembali dan sikap itu serta dukungan dari orang-orang di sekitar saya setidaknya membuat saya bisa mendapatkan pijakan,” tandasnya.

Itulah tadi kisah Kento Momota, mantan raja bulutangkis dunia yang sempat menduduki peringkat 1 BWF selama tiga tahun. Semoga kisah tersebut memberi pengetahuan baru bagi pembaca.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini