Share

Kepindahan Marc Marquez ke Gresini Ducati Ternyata Pengaruhi Keputusan Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Sabtu 20 April 2024 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 20 38 2998271 kepindahan-marc-marquez-ke-gresini-ducati-ternyata-pengaruhi-keputusan-fabio-quartararo-bertahan-di-yamaha-OjiN9aHvbQ.jpg Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo. (Foto: Reuters)
A A A

LESMO – Keputusan Fabio Quartararo bertahan di tim Monster Energy Yamaha membuat banyak pihak kaget. Awalnya Quartararo pun hendak hengkang di akhir MotoGP 2024, namun kepindahan Marc Marquez dari Repsol Honda ke Gresini Ducati mengubah semuanya.

Pindahnya Marquez memang tak berdampak langsung untuk Quartararo. Hanya saja Yamaha menjadi sadar bahwa pembalap yang setia seperti Marquez bisa pindah karna motor yang tak kompetitif.

Karena itu Yamaha pun seakan terbangun dan bekerja cepat memperbaiki motor mereka. Keputusan Yamaha untuk bangkit itulah yang membuat Quartararo memilih bertahan di tim pabrikan asal Jepang tersebut.

Ya, El Diablo -julukan Quartararo- telah membulatkan tekadnya untuk tetap bersama Yamaha hingga 2026 kendati performa motor YZR-M1 tak kunjung membaik. Awalnya banyak yang memprediksi rider asal Prancis itu akan meninggalkan Yamaha layaknya Marquez yang meninggalkan Honda lantaran performa tim pabrikan asal Jepang itu lesu.

Tapi bagi Quartararo, pindahnya Marquez dari Honda ke Gresini telah menyadarkan banyak orang di Yamaha. Dia juga semakin tersadar betapa pentingnya arti loyalitas. Kampiun MotoGP 2021 ini memiliki tekad untuk membawa tim pabrikan asal Jepang itu bangkit dari keterpurukan.

Marc Marquez

“Kami telah mencapai titik terendah dalam dua tahun terakhir. Saya pikir kepergian Márquez dari Honda ke Ducati menyadarkan banyak orang di Yamaha,” kata Quartararo, dilansir dari Motosan, Sabtu (20/4/2024).

“Mereka telah merekrut banyak insinyur baru, dan banyak hal terjadi di Italia. Kecepatan penggantian suku cadang telah berubah total. Saya pikir sangat menarik bagi saya untuk terus bersama Yamaha,” sambungnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lebih lanjut, Quartararo mengakui kalau dirinya sudah hampir ingin meninggalkan Yamaha. Walau tidak disebutkan akan merapat ke tim mana, banyak rumor yang mengarah El Diablo merapat ke Aprilia.

“Bahkan saya beberapa bulan lalu, benar-benar siap untuk pergi ke tim lain,” ujar Quartararo.

Tapi niat itu diurungkan olehnya. Quartararo menjelaskan Yamaha saat ini benar-benar serius untuk menciptakan motor yang kencang untuknya. Meski menurutnya hasilnya tidak akan dirasakan pada musim ini, tapi dia yakin dalam tahun-tahun berikutnya Yamaha akan kembali kompetitif.

“Yamaha berinvestasi dalam jumlah besar untuk mendapatkan sepeda motor yang lebih baik. Saya pikir ini adalah satu-satunya merek yang berinvestasi begitu banyak dalam proyek ini. Kita akan melihat beberapa perbaikan tahun ini,” ujarnya.

Fabio Quartararo bersama Lin Jarvis

“Saya pikir musim ini akan sangat sulit untuk dilakukan. berjuang untuk beberapa podium, tapi saya pikir pekerjaan yang kami lakukan sekarang akan sangat penting untuk dua tahun ke depan,” tandas Quartararo.

Sebagai informasi, Quartararo belum bisa meraih hasil terbaik dari tiga seri balapan yang telah dilakoni. Dia finis di posisi 11 pada MotoGP Qatar, lalu urutan tujuh di seri Portugal, dan yang terakhir finis posisi posisi 12 pada MotoGP Amerika Serikat. Rentetan hasil itu membuatnya saat ini duduk di posisi 12 klasemen sementara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini