Share

Demi Jaga Kesehatan Mental, Marc Marquez Akui Terpaksa Tinggalkan Repsol Honda

Cikal Bintang, Jurnalis · Selasa 23 April 2024 00:00 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 22 38 2999209 demi-jaga-kesehatan-mental-marc-marquez-akui-terpaksa-tinggalkan-repsol-honda-uVLB6LsvYX.jpg Pembalap Tim Gresini Ducati, Marc Marquez. (Foto: Reuters)
A A A

FAENZA – Pembalap asal Spanyol, Marc Marquez mengaku berat saat memutuskan untuk bergabung dengan Gresini Ducati di MotoGP 2024. Namun, ia menilai keputusan itu pilihan terbaik demi menjaga kesehatan mentalnya.

Marc Marquez mengakhiri kiprah bersama Repsol Honda setelah 10 tahun lamanya. Pembalap asal Spanyol itu tercatat sudah membela Honda sejak 2013, dan mengakhirnya pada tahun 2023.

Selama satu dasawarsa, Marquez mampu menjuarai delapan gelar MotoGP bersama Tim Sayap Emas -julukan Repsol Honda. Namun demikian, The Baby Alien mengalami penurunan performa setelah cedera parah pada 2020.

Seiring dengan itu, Honda juga disebut sulit berkembang dan tertinggal dari tim pabrikan lainnya. Marquez pun memutuskan untuk berhenti menjadi pembalap Honda pada akhir musim 2023.

Marc Marquez

“Itu adalah keputusan yang sangat sulit. Itu tidak mendengarkan hati saya. Itu hanya memikirkan apa yang terbaik untuk masa depan saya,” kata Marquez soal keputusan berpisah dengan Repsol Honda, dikutip dari Crash pada Selasa (23/4/2024).

“Masa depan saya adalah saya ingin menjadi pebalap MotoGP selama bertahun-tahun lagi. Tim Repsol Honda adalah hidup saya, karier saya. Itu sangat sulit. Mekanik saya, teknisi saya, sponsor ada di sana,” sambungnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Walau kariernya sangat bergantung pada Honda, Marquez dengan terpaksa harus meninggalkan itu semua. Dia mengatakan, keputusan pergi dari Honda sangat berkaitan dengan kesehatan mentalnya.

“Saya berkata kepada mereka (Honda) 'mungkin saya akan bertahan satu tahun lagi di sini lalu mengakhiri karier saya karena kesehatan mental saya akan selesai'. Jadi, saya mengambil keputusan ini. Sekarang saya bisa memikirkan tim mana yang akan saya ikuti tahun depan!,” jelasnya.

Pada akhirnya, Marquez pun membuat keputusan untuk bergabung dengan tim satelit Gresini Ducati. Dia bertandem bersama adik kandungnya, Alex Marquez di tim tersebut. The Baby Alien mengakui, keputusan yang telah dibuat sudah tepat.

“Ini adalah alasan utama mengapa saya mengambil keputusan ini, untuk menjawab pada diri saya sendiri apakah saya cukup kompetitif,” ujar Marquez.

Marc Marquez

“Jawabannya ya, saya kompetitif. Lalu, hal lainnya adalah ekstra kompetitif untuk memperebutkan gelar juara,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini