Share

3 Pembalap Tampil dengan Wildcard di MotoGP Spanyol 2024, Siapa Saja?

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Rabu 24 April 2024 01:39 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 23 38 2999533 3-pembalap-tampil-dengan-wildcard-di-motogp-spanyol-2024-siapa-saja-aPQjflB98S.jpg Stefan Bradl akan kembali tampil dengan status wildcard (Foto: MotoGP)
A A A

JEREZ – Jumlah pembalap yang tampil di MotoGP Spanyol 2024 pada akhir pekan ini akan bertambah tiga orang. Sebab, bakal ada tiga pembalap wildcard yang turun dalam balapan di Sirkuit Jerez-Angel Nieto itu.

Dilansir dari Crash, pada Rabu (24/4/2024), pembalap pertama yang dipastikan mentas di MotoGP Spanyol 2024 lewat jalurwild card adalah Dani Pedrosa. KTM bahkan telah mengonfirmasi penampilan rider pengujinya itu pada balapan di Amerika Serikat dua pekan lalu.

Dani Pedrosa (Red Bull KTM) tampil pada MotoGP San Marino 2023 dengan status wildcard (Foto: Reuters/Jennifer Lorenzini)

Pedrosa sendiri tampil luar biasa dalam penampilan wildcard-nya tahun lalu di Jerez. Kala itu, ia mengamankan start dari barisan kedua dan kemudian finis di posisi keenam dalam sprint dan ketujuh dalam balapan utama.

Kali terakhir pembalap berusia 38 tahun itu tampil sebagai wildcard adalah di MotoGP San Marino 2023. Dalam kesempatan itu, Pedrosa menampilkan beberapa perangkat baru seperti sasis serat karbon yang hampir membuatnya naik podium dalam dua balapan yang ada.

Selain Pedrosa, Aprilia dan Honda telah mengonfirmasi pembalap penguji mereka masing-masing, Lorenzo Savadori dan Stefan Bradl, juga akan berkompetisi sebagai wildcard di MotoGP Spanyol 2024. Alhasil, jumlah pembalap yang akan mentas di Jerez menjadi 25.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

MotoGP Spanyol sendiri memang menjadi ajang yang sering dijadikan para pembalap wildcard untuk tampil karena para rider penguji tim pabrikan sudah familiar dengan Sirkuit Jerez. Selain itu, setelah membalap di akhir pekan, mereka akan lanjut melakukan tes resmi pada Senin.

Peraturan MotoGP hanya mengizinkan maksimal tiga pembalap wildcard saja di setiap seri. Ducati menjadi satu-satunya pabrikan yang saat ini tak mendapatkan jatah wildcard karena mereka duduk di peringkat A dalam format konsesi baru.

Cal Crutchlow

Sementara itu, Yamaha belum mengumumkan kapan pembalap pengujinya, Cal Crutchlow, bakal turun sebagai wildcard. Rider asal Inggris itu kali terakhir membalap MotoGP Jepang 2023 lalu di Sirkuit Twin Ring Motegi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini