Share

5 Pemenang Race MotoGP yang Pakai 3 Motor Berbeda, Nomor 1 Bukan Marc Marquez atau Valentino Rossi!

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 23 April 2024 19:12 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 23 38 2999692 5-pemenang-race-motogp-yang-pakai-3-motor-berbeda-nomor-1-bukan-marc-marquez-atau-valentino-rossi-3bKJqR128E.JPG Maverick Vinales termasuk satu dari lima pemenang race MotoGP dengan tiga motor berbeda (Foto: Reuters/Jerome Miron)
A A A

BERIKUT lima pemenang race MotoGP yang pakai tiga motor berbeda. Mereka membuktikan diri mampu menjadi yang terbaik dengan kuda besi berbeda-beda.

Gonta-ganti tim di dunia balap bukan sesuatu yang haram. Sejumlah pembalap papan atas pernah melakukannya. Hal itu dilakukan dengan berbagai alasan.

Balapan MotoGP

Salah satunya adalah untuk meraih kemenangan dan titel juara, yang hanya bisa diraih dengan motor terbaik. Lalu, siapa saja pembalap yang berhasil menang dengan tiga motor berbeda?

5 Pemenang Race MotoGP yang Pakai 3 Motor Berbeda

5. Mike Hailwood

Mike Hailwood (Foto: MotoGP)

Catatan spesial itu diawali oleh Hailwood. Ia memenangi satu balapan di GP500 1961 bersama Norton. Lalu, sang pembalap merebut puluhan kemenangan balapan bersama MV Agusta.

Kehebatan Hailwood berlanjut pada 1966 ketika berpindah pabrikan ke Honda. Ia sukses meraih delapan kemenangan bersama merk asal Jepang itu.

4. Randy Mamola

Randy Mamola

Legenda balap asal Amerika Serikat (AS) ini sukses mengikuti jejak Hailwood. Mamola tercatat memenangi balapan pertamanya bersama Suzuki RG500 pada 1980.

Pada 1984, Mamola memenangi balapan di Belanda dengan motor Honda NS500. Prestasi apik itu diulangi ketika membesut motor Yamaha YZR500 pada GP Belgia 1986.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Eddie Lawson

Eddie Lawson

Pemegang titel empat juara dunia itu pernah naik tiga motor berbeda, yakni Yamaha, Honda, dan Cagiva. Ia sukses mengoleksi belasan kemenangan bersama Yamaha dan Honda.

Untungnya, Lawson sempat mencatat satu kemenangan bersama Cagiva di GP Hungaria 1992. Sebab, pabrikan tersebut merosot performanya setelah itu.

2. Loris Capirossi

Loris Capirossi

Pembalap terkini yang meraih kemenangan dengan tiga motor berbeda. Capirex finis terdepan untuk pertama kali bersama Yamaha YZR500 pada GP Australia 1996.

Kemudian, pria asal Italia itu memenangi balapan kandang pada 2000 dengan motor Honda. Terakhir, Capirossi menjadi yang tercepat di GP Catalunya 2003 bersama Ducati.

1. Maverick Vinales

Maverick Vinales

Catatan spesial itu akhirnya dipecahkan The Top Gun pada 2024. Vinales meraih kemenangan perdananya bersama Suzuki di MotoGP Inggris 2016.

Lalu, pabrikan kedua yang dibawanya menang adalah Yamaha pada 2017-2021. Rekor spesial ditorehkan Vinales ketika melintasi garis finis duluan di MotoGP Amerika Serikat 2024 bareng Aprilia!

Itu tadi lima pemenang race MotoGP yang pakai tiga motor berbeda. Semoga artikel ini berguna untuk pembaca sekalian.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini