Share

Kisah Kekecewaan Anthony Ginting Setelah Kalah dari Chen Long Sebelum Raih Medali Perunggu di Olimpiade Tokyo 2020

Cahyo Yulianto, Jurnalis · Selasa 23 April 2024 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 23 40 2999480 kisah-kekecewaan-anthony-ginting-setelah-kalah-dari-chen-long-sebelum-raih-medali-perunggu-di-olimpiade-tokyo-2020-SqA5aX6Bsc.jpg Anthony Sinisuka Ginting kala berlaga. (Foto: Reuters)
A A A

KISAH kekecewaan Anthony Ginting setelah kalah dari Chen Long sebelum meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 akan diulas oleh Okezone. Menang dan kalah adalah sebuah hal yang biasa dalam sebuah pertandingan. Namun, kekalahan akan selalu menjadi hal yang menyakitkan, terlebih jika hanya butuh satu langkah lagi untuk bisa mengukir sejarah.

Hal itu pun terjadi kepada Anthony Sinisuka Ginting pada gelaran Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar pada 2021. Sejak pertandingan pertama, Ginting bermain dengan sangat luar biasa. Ia sukses mengalahkan banyak pebulutangkis hebat hingga tiba di babak semifinal.

Anthony Sinisuka Ginting

Di babak tersebut, Anthony berjumpa dengan tunggal putra andalan China, Chen Long. Secara head to head, Anthony sejatinya unggul. Namun di pertandingan yang digelar pada 2 Agustus 2021 itu, Anthony justru kalah dalam dua game langsung dengan skor 16-21 dan 11-21.

Ini menjadi kekalahan yang sangat menyakitkan bagi Anthony Ginting. Pasalnya, hanya perlu satu langkah lagi untuknya mencapai final dan meraih medali emas untuk Indonesia. Namun, hal itu pupus setelah ia ditumbangkan Chen Long.

Rasa sedih dan kecewa pun menjalar pada diri Anthony di sepanjang perjalanan pulang menuju penginapan. Beruntung, sang pelatih berhasil meredakan kesedihannya dan memberinya semangat untuk bisa meraih setidaknya medali perunggu.

"Memang setelah kalah dari Chen Long saya sangat kecewa dan sedih. Keluar lapangan saya merasa ingin menyendiri untuk menenangkan diri dulu. Tapi pelatih saya (Hendy Saputra) langsung mengajak berdiskusi, dia menguatkan saya," kata Ginting, dalam rilis resmi PBSI pada 2021.

"Dia bilang masih ada kesempatan meraih medali perunggu dan mencetak sejarah. Kansnya juga besar melawan Kevin Cordon itu, jadi jangan disia-siakan kesempatannya. Kapan lagi?" sambungnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Setelah mendapat arahan dari sang pelatih, Anthony Ginting pun berusaha untuk melupakan kekalahan atas Chen Long dan berusaha mengembalikan fokus. Keesokan harinya, tunggal putra asal Cimahi itu pun merasa lebih baik dan bersiap merebut medali perunggu.

"Dari situ di perjalanan pulang sampai tiba di Athlete's Village, kembali ke kamar, seharian saya coba mereset lagi fokus dan mood-nya. Anggap pertandingannya sebagai final. Walau cuma perunggu, tapi semua dibawa happy saja. Besoknya saya sudah merasa lebih baik, tidak sesedih dan sekecewa setelah kalah di semifinal," ujar Anthony.

Anthony Sinisuka Ginting

Benar saja, pada pertandingan perebutan medali perunggu itu, Anthony Ginting tampil dengan cukup baik. Meski tidak segarang biasanya, ia sukses mengalahkan Kevin Gordon dalam dua game langsung 21-12 dan 21-11.

Terdekat, Anthony Ginting memiliki kesempatan untuk balas dendam atas kegagalannya di Olimpiade Tokyo 2020. Sebab, ia menjadi salah satu atlet Indonesia yang lolos ke Olimpiade Paris 2024 yang akan berlangsung pada Juli 2024.

Menarik untuk menyaksikan penampilan Anthony Ginting di Olimpiade Paris 2024 nanti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini