Share

Inilah Sosok Mantan Pembalap MotoGP yang Benci dengan Rivalitas Panas Marc Marquez dengan Valentino Rossi

Cahyo Yulianto, Jurnalis · Minggu 28 April 2024 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 27 38 3001516 inilah-sosok-mantan-pembalap-motogp-yang-benci-dengan-rivalitas-panas-marc-marquez-dengan-valentino-rossi-pVqI4z1D4c.jpg Rivalitas Marc Marquez dan Valentino Rossi jadi salah satu yang paling panas di ajang MotoGP (Foto: MotoGP)
A A A

TIDAK banyak yang tahu bahwa ternyata ada pembalap MotoGP yang benci dengan rivalitas dengan Marc Marquez dan Valentino Rossi. Pembalap tersebut adalah Pierfrancesco Chili.

Bagi yang belum tahu, Pierfrancesco Chili merupakan pembalap World Superbike yang aktif pada medio 1986 hingga 2006. Sepanjang karirnya, ia cukup banyak meraih kemenangan balapan khususnya saat bersama Ducati, Suzuki, dan Honda.

Pasca pensiun, Chili sejatinya jarang muncul dalam pemberitaan. Terlebih saat ia mulai didiagnosa menderita penyakit parkinson.

Namun baru-baru ini, pembalap asal Italia ini berbicara tentang pandangannya terkait dunia MotoGP. Berbicara di Fanpage.it, Pierfrancesco Chili mengatakan jika ia tidak suka dengan rivalitas panas antara Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Menurutnya, rivalitas dua pembalap pemilik gelar juara dunia terbanyak itu telah mengotori reputasi Rossi sebagai ikon MotoGP. Terlebih tentang rivalitasnya di luar lintasan, menurut Chili itu adalah hal yang memalukan.

“Valentino tidak diragukan lagi telah menjadi ikon bagi kami semua ,” kata Pierfrancesco Chili dilansir dari Motosan.es, Jumat (26/04/2024).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Saya hanya menyesali beberapa sikap yang muncul selama kariernya. Perang yang terjadi dengan Marc Márquez misalnya, sama sekali tidak menyenangkan, apalagi di luar lintasan.” sambungnya.

Rivalitas antara Valentino Rossi dan Marc Marquez memang menjadi rivalitas paling panas dan rumit sepanjang sejarah MotoGP. Persaingan bermula saat keduanya terlibat insiden di balapan Sirkuit Sepang, Malaysia pada 2015 lalu.

Akibat insiden itu, Rossi harus merelakan gelar juara dunianya yang akhirnya diambil alih oleh Jorge Lorenzo. Marquez pun akhirnya dituduh sengaja menghalangi Rossi agar gagal meraih gelar juara di akhir musim.

Meski begitu, Pierfrancesco Chili tetap mengakui jika Valentino Rossi memiliki andil besar dalam mempopulerkan ajang MotoGP ke seluruh dunia. Terlepas dari rivalitasnya dengan Marc Marquez, The Doctor tetaplah ikon terbaik MotoGP.

“Namun demikian, menurut saya Vale mempunyai manfaat dalam memperkenalkan sepeda motor kepada banyak orang yang sebelumnya bahkan tidak tahu apa itu sepeda motor,” kata Pierfrancesco Chili.

Itulah sosok mantan pembalap MotoGP yang benci dengan rivalitas panas Marc Marquez dn Valentino Rossi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini