Share

Kisah Heroik Tim Bulutangkis India Jadi Pemenang Piala Thomas 2022 Pertama Kali dalam Sejarah

Cahyo Yulianto, Jurnalis · Sabtu 27 April 2024 22:07 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 27 40 3001433 kisah-heroik-tim-bulutangkis-india-jadi-pemenang-piala-thomas-2022-pertama-kali-dalam-sejarah-keQPcf8r3J.jpg Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty turut membawa India juara Piala Thomas 2022. (Foto: Instagram/@chiragshetty)
A A A

KISAH heroik tim bulutangkis India jadi pemenang Piala Thomas 2022 pertama kali dalam sejarah akan diulas dalam artikel ini. Ajang turnamen beregu putra paling prestisius, Piala Thomas 2024, mulai digelar pada hari ini, Sabtu 27 April 2024, hingga 5 Mei 2024 di Chengdu High-tech Zone Sports Center Gymnasium, China.

Indonesia sendiri mengirim tim terbaiknya pada Piala Thomas 2024. Di antaranya, ada sang kapten Fajar Alfian, lalu ada Muhammad Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando, Daniel Marthin, Bagas Maulana, Muhammad Shohibul Fikri, Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan sang debutan Alwi Farhan.

Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty

Namun, langkah Indonesia di babak grup tidak akan mudah. Sebab, Indonesia akan bergabung di grup C bersama Inggris, Thailand, dan sang juara bertahan, India.

India dapat dikatakan akan menjadi lawan terberat Indonesia di babak grup. Tim asal Asia Selatan tersebut saat ini memang memiliki sederet atlet putra yang sangat hebat. Terlebih dengan status mereka sebagai juara bertahan, India dipastikan akan tampil habis-habisan.

Tim Piala Thomas India juga tentu ingin kembali merasakan atmosfer menjadi juara seperti di edisi 2022. Mereka diketahui tidak diunggulkan, tetapi secara mengejutkan juatru keluar sebagai juara.

Pada edisi tersebut, India bergabung di Grup C bersama dengan Taiwan, Jerman, dan Kanada. Mereka pun sukses menjadi runner-up grup dan lolos ke perempat final setelah hanya kalah dari Taiwan.

Di perempatfinal, India menantang salah satu kandidat juara kala itu, Malaysia. Di luar dugaan, mereka sukses menaklukkan Aaron Chia dan kolega dengan skor 3-2.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Memasuki babak semifinal, India tak henti-hentinya memberikan kejutan. Menghadapi negara terkuat di Eropa, Denmark, Kidambi Srikanth dan tim menang tipis dengan skor 3-2.

Babak final menjadi puncak kejutan yang diberikan tim India. Menghadapi Indonesia, India sukses menang dengan skor telak 3-0. Lakshya Sen sukses mengalahkan Anthony Ginting di pertandingan pertama dalam tiga game, 8-21, 21-17, dan 21-16.

Kidambi Srikanth

Di pertandingan kedua, giliran pasangan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang menumbangkan pasangan Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya dengan skor 18-21, 23-21, dan 21-19. Kemudian di partai ketiga, giliran Kidambi Srikanth yang menumbangkan Jonatan Christie dalam dua game langsung, yakni 21-15 dan 23-21.

Menilik penampilan India di Piala Thomas 2022, Indonesia tentu perlu waspada dengan tim ini. Indonesia perlu mencuri poin agar dapat melaju ke perempat final dan menjadi juara di Piala Thomas 2024.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini