Share

Kisah Kecilnya Gloria Emanuelle, Pebulutangkis Indonesia yang Main Bulutangkis Pakai Tutupan Panci

Cahyo Yulianto, Jurnalis · Selasa 30 April 2024 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 29 40 3002173 kisah-kecilnya-gloria-emanuelle-pebulutangkis-indonesia-yang-main-bulutangkis-pakai-tutupan-panci-5894rNVke5.jpg Gloria Emanuelle Widjaja jadi salah satu pebulutangkis andalan Indonesia di sektor ganda campuran. (Foto: Instagram/@ge_widjaja)
A A A

KISAH kecilnya Gloria Emanuelle menarik diulas. Sebab, pebulutangkis spesialis nomor ganda campuran kebanggaan Indonesia ini pernah bermain bulutangkis pakai tutup panci saat masih kecil.

Seperti diketahui, Gloria Emanuelle Widjaja merupakan salah satu pebulutangkis ganda campuran hebat kebanggaan Indonesia. Kini berduet dengan Dejan Ferdiansyah, Gloria sukses meraih banyak prestasi.

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja

Salah satunya adalah menjadi juara di ajang Syed Modi India International pada Desember 2023. Pada turnamen bertaraf Super 300 itu, Dejan/Gloria sukses mengalahkan pasangan asal Jepang, Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo, lewat rubber game dengan skor 20-22, 21-19, dan 25-23.

Dengan tandem sebelumnya, yakni Eko Subaktiar, Gloria Emanuelle Widjaja bahkan pernah menjadi juara dunia junior di sektor ganda campuran. Mereka juga menjadi juara di ajang Macau Open pada 2014.

Namun tanpa banyak yang tahu, rupanya Gloria lahir dari keluarga yang tidak memiliki darah bulutangkis sama sekali. Jangankan bulutangkis, darah atlet saja tidak mengalir sama sekali di dalam keluarganya.

Meski bukan keluarga atlet, orangtua dan kakak Gloria adalah sosok yang memperkenalkan olahraga tepok bulu ini kepada dirinya. Keluarganya kerap mengajaknya bermain di depan rumah semasa ia kecil.

"Kalau dibilang cita-cita sih dulu basic dari family tuh bener-bener enggak ada bulutangkis dan atlet sama sekali,” kata Gloria Emanuelle Widjaja, dikutip dari Youtube PB Djarum, Senin (29/04/2024).

"Jadi aku tuh enggak tahu masanya lagi apa tiba-tiba diajak main (bulutangkis) sama orangtua dan kakak-kakak di depan rumah" sambungnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun karena saat itu ia tidak memiliki raket, akhirnya Gloria dan keluarganya menggunakan tutup panci yang terbuat dari stainless steel untuk bermain. Dari sanalah, rasa cinta dengan dunia bulutangkis mulai tumbuh.

"Terus kita enggak punya raket kan, ini pakai tutup panci. Tutup panci yang bulat, terus pegangan tengahnya dicopot, jadi masukin jari. Ya sudah main tung tang tung tang," kata Gloria.

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja

Adapun Gloria Emanuelle Widjaja saat ini masih aktif bermain untuk mengharumkan nama Indonesia. Berpasangan dengan Dejan Ferdiansyah, Gloria saat ini duduk di peringkat 19 ranking BWF untuk sektor ganda campuran.

Sayangnya, pada 2024, Gloria belum juga meraih gelar apapun. Dejan/Gloria kerap kali tersingkir di babak perempatfinal di beberapa ajang yang mereka ikuti.

Akan tetapi, Dejan/Gloria tentu tidak akan menyerah begitu saja. Menarik untuk menantikan hingga Gloria Emanuelle Widjaja meraih gelar juara di tahun ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini