Share

Ricky Subagja Apresiasi Perjuangan Tim Indonesia yang Sukses ke Final Piala Uber 2024

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Minggu 05 Mei 2024 01:10 WIB
https: img.okezone.com content 2024 05 04 40 3004397 ricky-subagja-apresiasi-perjuangan-tim-indonesia-yang-sukses-ke-final-piala-uber-2024-h574JwhiK6.jpg Tim Bulutangkis Indonesia melaju ke Final Piala Uber 2024 usai mengalahkan Korea Selatan 3-2 (Foto: PBSI)
A A A

CHENGDU – Kabid Binpres PP PBSI, Ricky Subagja, apresiasi setinggi-tingginya untuk perjuangan Tim Bulutangkis Indonesia yang berhasil melaju ke Final Piala Uber 2024. Srikandi Merah-Putih dinilai tampil luar biasa meski tak masuk favorit juara.

Seperti diketahui, Indonesia berhasil membuat kejutan di babak semifinal Piala Uber 2024 yang berlangsung di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Chengdu, China, pada Sabtu (4/5/2024) pagi WIB. Di luar dugaan, Gregoria Mariska dan kolega mampu mengalahkan sang juara bertahan dengan skor 3-2.

Kemenangan itu membuat Indonesia lolos untuk kali pertama ke final Piala Uber dalam 16 tahun terakhir. Kali terakhir mereka mentas di partai puncak kejuaraan bulutangkis beregu putri paling bergengsi di dunia itu adalah pada edisi 2008 lalu di Jakarta.

Ricky Soebagja pun memberikan apresiasi tinggi kepada Tim Putri Indonesia. Salah satu yang disorotnya adalah keberhasilan para pemain mengatasi ketegangan yang ada dengan mengeluarkan kemampuan terbaik mereka dalam pertandingan yang berlangsung sangat ketat itu.

“Rasa syukur yang luar biasa, apresiasi setinggi-tingginya atas perjuangan para atlet yang benar-benar mengeluarkan segala kemampuan. Walaupun ada ketegangan tapi mereka bisa mengatasi,” kata Ricky dikutip dari rilis PBSI, Sabtu (4/5/2024).

“Ini modal untuk semua bahwa secara kemampuan mereka ada dan bisa. Secara keseluruhan penampilan tadi tidak mudah, di mana poin yang harus ambil,” tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Terima kasih para pemain, pelatih dan tim pendukung. Kekompakan dan kesolidan yang sangat terasa, saling dukung tidak pernah putus,” tuturnya.

Dalam pertandingan ini, Tim Merah-Putih unggul lebih dulu lewat Gregoria Mariska Tunjung yang berhasil mengalahkan Sim Yu Jin dengan skor 21-15 dan 21-13. Setelah itu, Korea Selatan menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di partai kedua usai Baek Ha Na/Lee So Hee melibas Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dengan skor 21-6 dan 21-18.

Kemudian, Indonesia kembali memimpin lewat kemenangan Ester Nurumi Tri Wardoyo atas Kim Ga Ram dengan skor 20-22, 21-16 dan 21-12. Namun, lagi-lagi Negeri Gingseng menyamakan skor setelah Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto dikalahkan Jeong Na Eun/Kong Hee Yong dengan skor 15-21 dan 14-21.

Kemenangan Indonesia atas sang juara bertahan baru dipastikan pada partai terakhir. Dengan penampilan luar biasa yang ditampilkannya, Komang Ayu Cahya Dewi melakukan comeback cemerlang atas Kim Min Sun dengan skor 17-21, 21-16 dan 21-19.

Ricky pun menilai absennya tunggal nomor satu Korea Selatan, An Se Young, menjadi kesempatan emas bagi Gregoria Mariska untuk meraih kemenangan di partai pertama. Menurutnya, poin di partai pembuka itu wajib didapat untuk membuka harapan pada partai berikutnya.

“Untuk masuk semifinal tidak mudah lalu berhasil melewatinya. Lawan Korea, sebelumnya kami diskusi tentang susunan pemain ternyata andalan mereka An Se Young tidak turun. Ini harus dimanfaatkan oleh Gregoria, tidak boleh lepas,” jelas legenda ganda putra itu.

“Dari situ ada harapan walau memang ganda-gandanya juga kuat dan ternyata tunggal-tunggal kita bisa menanggung beban dan menyelesaikan dengan baik. Ini bukti kalau mereka bisa setelah selama ini dipandang pesimis,” imbuhnya.

Dengan hasil tersebut, Indonesia melangkah ke final Piala Uber 2024 untuk menghadapi sang tuan rumah, China. Pertandingan itu dijadwalkan berlangsung pada Minggu (4/5/2024) pukul 08.30 WIB.

Kendati melawan tim yang di atas kertas jauh lebih kuat, Ricky menilai bukan tidak mungkin Indonesia bisa menang. Yang paling penting menurutnya, Apriyani Rahayu dkk harus bisa kembali menunjukkan semangat juang yang tinggi di partai puncak kontra China.

“Besok melawan China, tidak ada yang tidak mungkin. Tapi yang terpenting saya mau melihat daya juang tim Uber kembali, yang sudah diperlihatkan sejauh ini,” pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini