Share

5 Momen Menegangkan Buzzer Beater di Playoff NBA Sepanjang Sejarah, Nomor 1 Aksi Brilian Michael Jordan!

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 06 Mei 2024 21:08 WIB
https: img.okezone.com content 2024 05 06 36 3005228 5-momen-menegangkan-buzzer-beater-di-playoff-nba-sepanjang-sejarah-nomor-1-aksi-brilian-michael-jordan-VmAxFN9IEM.jpg Anthony Davis melepaskan tembakan yang menjadi buzzer beater di NBA (Foto: NBA)
A A A

BERIKUT lima momen menegangkan di detik-detik terakhir yang tercipta di sepanjang sejarah perhelatan NBA, terutama saat memasuki babak playoff. Bahkan, tercipta istilah tersendiri untuk itu, yakni buzzer beater.

Di Playoff NBA 2023-2024, momen itu tercipta kala Jamal Murray memastikan kemenangan Denver Nuggets atas LA Lakers pada detik-detik terakhir. Duel itu berlangsung Senin 22 April 2024.

Logo NBA (Foto: Reuters)

"Saya hanya mendengar semua orang berteriak, dari situlah saya tahu bola itu masuk," ungkap Murray, dikutip dari rilis resmi NBA, Senin (6/5/2024).

Ternyata, ada momen-momen buzzer beater bersejarah atau bola masuk ke ring tepat saat bel berbunyi. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

5. Kawhi Leonard (2019)

Kawhi Leonard

Pada pertandingan final ketujuh Wilayah Timur (East Conference), Leonard, yang saat itu masih berseragam Toronto Raptors, berhadapan dengan Philadelphia 76ers. Dengan skor imbang dan waktu pertandingan hampir habis, ia melepaskan tembakan fadeaway nekad dari sudut lapangan.

Tembakan tersebut, yang kini dijuluki "Four Bounces and In," merupakan lintasan yang mustahil, memantul dari ring sebanyak empat kali sebelum akhirnya masuk ke dalam jaring! Bola itu membawa Raptors ke final NBA pertama sekaligus keluar sebagai juara!

4. Anthony Davis (2020)

Anthony Davis beraksi di laga LA Lakers vs Indiana Pacers (Foto: Reuters/Jayne Kamin-Oncea)

Pada final kedua Wilayah Barat (Western Conference), Lakers mengenakan jersey Black Mamba untuk menghormati sang legenda Kobe Bryant yang meninggal dunia pada 2020. Dengan skor imbang 103-103 dan waktu hampir habis, Davis menciptakan momen magis.

Dalam momen yang mengingatkan pada Kobe, ia melepaskan tembakan yang menjadi penentu kemenangan di akhir pertandingan. Lakers menang dan terus melaju hingga menjadi juara di tahun itu!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Devonte 'Graham (2021)

NBA 2023-2024

Saat masih berseragam New Orleans Pelicans, Graham berhadapan dengan Oklahoma City Thunder pada 15 Desember 2021. Dengan skor imbang 110 dan waktu tersisa hanya 1.4 detik, ia menerima bola di luar jangkauan.

Graham melepaskan tembakan dari jarak yang mencengangkan, yaitu 61 kaki (18.6 meter) dan masuk! Ia seperti melawan kemustahilan.

2. Bob Harrison (1950)

Logo NBA (Foto: Reuters)

Lebih dari tujuh dekade lalu, sebagai anggota tim yang saat itu bernama Minneapolis Lakers (sekarang LA Lakers), Harrison tercatat dalam sejarah sebagai pencetak buzzer-beater pertama NBA. Ia nekat melepaskan tembakan dari jarak sekira 30 meter.

Bola tersebut masuk tepat saat bel berbunyi. Pertaruhan yang luar biasa ini tidak hanya mengamankan buzzer-beater pertama di NBA Finals, tetapi juga kemenangan krusial bagi Lakers.

1. Michael Jordan (1989)

Michael Jordan (Foto: NBA)

Pemegang rekor buzzer-beater terbanyak ini menorehkan namanya dalam sejarah pada tanggal 7 Mei 1989. Menghadapi eliminasi di pertandingan ke-5 babak pertama Wilayah Timur (East Conference) melawan Cleveland Cavaliers, Chicago Bulls tertinggal satu poin dengan waktu tersisa beberapa detik.

Jordan menerima umpan inbound dan melompat untuk melakukan fadeaway jump shot. Tembakan itu tidak hanya membungkam penonton Cleveland tetapi juga membawa Bulls melaju ke babak kedua.

Itu tadi lima momen menegangkan di detik-detik terakhir sepanjang sejarah Playoff NBA. Semoga artikel ini berguna untuk pembaca sekalian.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini