Share

Tim Bulu Tangkis Indonesia Jadi Runner Up Piala Thomas 2024, Debby Susanto: Kita Harus Bangga

Selvianus, Jurnalis · Senin 06 Mei 2024 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2024 05 06 40 3004821 tim-bulu-tangkis-indonesia-jadi-runner-up-piala-thomas-2024-debby-susanto-kita-harus-bangga-dYQZfJxs4e.jpg Mantan pebulutangkis ganda campuran Indonesia, Debby Susanto. (Foto: Selvianus/MPI)
A A A

JAKARTA – Mantan pebulutangks ganda campuran Indonesia, Debby Susanto tetap bangga dengan tim bulu tangkis Tanah Air meski gagal menjuarai Piala Thomas dan Uber 2024. Menurut Debby, tidak mudah bermain hingga final dan itu membuktikan para pemain memiliki kualitas dan mampu bermain dengan konsisten.

Sehingga Debby menilai hasil runner-up yang diraih tim putra dan putri di Piala Thomas dan Uber 2024 tetap patut disyukuri.

Untuk yang belum tahu, peluang gelar juara Piala Uber 2024 terhenti ketika sebelumnya Indonesia kalah 0-3 dari China. Sedangkan Tim Putra bernasib sama, ketika kalah dari tuan rumah China dengan skor 1-3.

Walaupun kalah, Debby mengatakan pebulutangkis Indonesia sangat diperhitungkan di dunia, sebab memiliki kualitas serta regenerasi berjalan dengan baik. Saat ini melahirkan pebulutangkis-pebulutangkis top seperti Anthony Sinisuka Ginting, Jonathan Christie hingga Mohammad Ahsan.

Tim Bulu Tangkis Indonesia di Piala Uber 2024

"Pencapaian ini harus berbangga ya karena bisa masuk ke final Thomas Cup 2020 dan sekarang, berarti kan konsisten dari pebulutangkis kita kualitasnya juga sangat baik dan diakui oleh negara-negara lain," ujar Debby Susanto dalam nobar di Aula Wisma Kemenpora, dikutip Senin (6/5/2024).

Mempunyai pengalaman bertanding di babak final, Debby mengakui ketegangan didalam diri pemain pastilah ada. Namun ia menegaskan kalau sebagai pemain, ia tidak hanya bertanggungjawab kepada dirinya sendiri melainkan kepada tim, bahkan secara luas mempertaruhkan nama Indonesia di kancah internasional.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kalau di final namanya ketegangan pasti ada cuma mungkin di final mungkin sama-sama fokus cuma ada ketegangan sendiri, apalagi momen seperti ini kita tidak hanya bertanggungjawab kepada diri kita saja tetapi kepada masyarakat," sambung Debby Susanto.

"Tetapi di keseluruhan tim tetapi ini tentu ada beban lebih berat dan ditanggung oleh masing-masing," tambahnya.

Kini peluang Indonesia merengkuh gelar Piala Thomas dan Uber 2024 gagal, Debby pun menilai perlu adanya evaluasi dari tim pelatih. Pasalnya di babak final Piala Thomas dan Uber 2024 ini, mental pemain terlihat menurun dan kurang memberikan perlawanan untuk tuan rumah.

Namun begitu, sebagai mantan pebulutangkis Debby Susanto sangat mengapresiasi perjuangan dan kerja keras pemain dari babak penyisihan group hingga babak final.

Tim Bulu Tangkis Indonesia di Piala Thomas 2024

"Belum berhasil harus di apresiasi karena sampai di babak final juga perjuangannya luar biasa yang didapatkan tetapi mungkin kita lihat konsentrasi pemain menurun dan kedepannya perlu di evaluasi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini