Share

5 Rekor MotoGP yang Sulit Dipatahkan, Nomor 1 Milik Valentino Rossi!

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2024 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2024 05 08 38 3005762 5-rekor-motogp-yang-sulit-dipatahkan-nomor-1-milik-valentino-rossi-qyW60G4XKz.jpg Valentino Rossi kala masih aktif balapan di MotoGP. (Foto: Reuters)
A A A

5 rekor MotoGP yang sulit dipatahkan akan diulas dalam artikel ini. Salah satunya dimiliki oleh Valentino Rossi.

Sejumlah pembalap sukses tampil moncer kala berkarier di MotoGP. Mereka pun sampai berhasil mencetak berbagai rekor yang sulit dipecahkan hingga saat ini.

Lantas, apa saja rekor itu? Berikut 5 rekor MotoGP yang sulit dipatahkan.

5. Podium Terbanyak

Valentino Rossi

Salah satu rekor MotoGP yang sulit dipatahkan adalah podium terbanyak. Rekor ini masih dipegang oleh legenda MotoGP, Valentino Rossi.

Rossi total sudah mengoleksi 235 podium sejauh ini. Rinciannya, dia meraih 115 kemenangan, 67 kali naik podium kedua, dan 53 kali finis ketiga.

Tetapi, jumlah podiumnya dipastikan takkan bertambah karena pembalap berjuluk The Doctor itu sudah pensiun dari MotoGP sejak akhir musim 2021. Pembalap yang masih aktif terdekat dari catatan Rossi soal podium terbanyak ini adalah Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Pedrosa sendiri memang sudah tak balapan reguler, tetapi dia jadi test rider sehingga masih bisa mendapat wildcard.

4. Pemenang Balapan Termuda

Marc Marquez

Kemudian, ada rekor soal pemenang balapan termuda di MotoGP. Rekor ini dipegang oleh Marc Marquez sampai saat ini.

Diketahui, Marquez pertama kali meraih kemenangan di MotoGP pada musim debutnya. Tepatnya, hal itu terjadi di MotoGP Amerika Serikat 2013. Kala itu, Marquez baru berusia 20 tahun 63 hari.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Kemenangan Terbanyak

Valentino Rossi

Di urutan ketiga, ada rekor soal kemenangan terbanyak di MotoGP. Rekor ini juga masih dipegang oleh Valentino Rossi.

Total, Rossi sudah meraih 115 kemenangan di MotoGP. Di belakangnya, ada Dani Pedrosa dengan 153 kemenangan di pentas MotoGP. Jumlah kemenangan Pedrosa pun masih bisa bertambah karena statusnya sebagai test rider KTM di MotoGP 2024 membuatnya punya peluang untuk balapan.

2. Juara Dunia Termuda

Marc Marquez

Lalu, ada rekor soal juara dunia termuda di MotoGP. Sama seperti kemenangan termuda, rekor ini juga dipegang oleh Marc Marquez.

The Baby Alien -julukan Marc Marquez- memang langsung bersinar saat debut di ajang MotoGP. Dia bahkan bisa langsung meraih gelar juara. Pencapaian itu tepatnya diraih pada 2013. Kala itu, Marquez menjadi juara dunia MotoGP di usia 20 tahun 226 hari.

1. Start Terbanyak

Valentino Rossi

Terakhir, ada rekor soal start terbanyak di MotoGP. Lagi-lagi, rekor ini masih dipegang oleh Valentino Rossi. Tercatat, Rossi sudah start 372 kali di sepanjang kariernya di MotoGP.

Tetapi, Valentino Rossi dipastikan tak bisa menambah rekor tersebut. Sebab, dia sudah tak lagi menjalani balapan di MotoGP.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini