Share

Bersinar di Piala Uber 2024, Komang Ayu Targetkan Tembus 30 Besar Ranking BWF!

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2024 22:22 WIB
https: img.okezone.com content 2024 05 08 40 3006079 bersinar-di-piala-uber-2024-komang-ayu-targetkan-tembus-30-besar-ranking-bwf-Iul4i84Mv4.jpg Komang Ayu Cahya Dewi bertekad menembus 30 besar ranking BWF (Foto: MPI/Andhika Khoirul Huda)
A A A

JAKARTA – Komang Ayu Cahya Dewi mengungkapkan pelajaran yang dipetiknya serta target yang dipasangnya setelah bersinar di Piala Uber 2024. Dara asal Bali itu ingin menembus peringkat 30 besar di ranking BWF.

Sosok Komang Ayu menjadi sorotan ketika Tim bulu tangkis putri Indonesia mencatatkan prestasi luar biasa di Piala Uber 2024 yang baru berakhir pada akhir pekan lalu di Chengdu, China. Ia membantu Tim Merah-Putih mencapai final Piala Uber untuk kali pertama dalam 16 tahun terakhir.

Komang Ayu Cahya Dewi

Prestasi apik itu digapai setelah Komang Ayu meraih kemenangan di partai kelima babak semifinal kontra Tim bulu tangkis putri Korea Selatan. Tampil di laga penentu, pemain berusia 21 tahun itu menang atas Kim Min-sun dengan skor 17-21, 21-16, dan 21-19 sehingga Indonesia unggul 3-2.

Sayangnya, di partai final Indonesia kalah 0-3 dari tuan rumah Tim bulu tangkis putri China. Komang sendiri tak turun dalam laga tersebut karena seharusnya tampil di partai kelima.

Komang menilai catatan apik yang dibuat oleh tim diraih berkat persiapan matang sebelum mentas di Piala Uber 2024. Menurutnya, bantuan dari segala sisi serta kekompakan tim yang mantap juga sangat berpengaruh dalam podium kedua yang mereka dapat di Chengdu.

“Mungkin dari persiapan latihan kami di sini juga sudah lumayan matang, bantuan dari tim, pelatih dan lain-lain juga dan kekompakan tim juga sih, jadi itu faktor yang menurut saya membantu tim Uber bisa sukses jadi runner-up kemarin,” kata Komang kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia (MPI), saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (8/5/2024).

Hebatnya lagi, Komang Ayu mencatatkan 100 persen kemenangan dalam empat pertandingan yang dimainkannya di Piala Uber 2024. Di fase grup, ia melibas Liang Ka Wing dari Hong Kong pada laga pembuka, kemudian Gladys Mbabazi dari Uganda pada pertandingan kedua, dan dalam laga terakhir fase grup, menyikat Tomoka Miyazaki dari Jepang.

Ini bukan menjadi kali pertama pemain ranking 51 dunia itu tampil di Piala Uber karena debutnya dilakoni pada edisi 2022. Namun, banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik setelah sukses mengantarkan Indonesia menjadi runner-up turnamen bulutangkis beregu putri paling bergengsi di dunia itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Ya kalau itu pastinya ada, jadi lebih percaya diri dan bagaimana cara mengatasi ketegangan, di lapangan jadi penentu kemarin juga,” jelas pemain kelahiran Buleleng itu.

Lebih lanjut, Komang mengatakan targetnya setelah bersinar di Piala Uber 2024 adalah menembus ranking 30 besar dunia. Selain itu, ia juga berambisi untuk konsisten naik podium di turnamen level Super 300 dan bisa tampil stabil mendekati podium di turnamen level Super 500.

Komang Ayu Cahya Dewi

“Kalau ranking ingin masuk di 30 besar ke bawah. Kalau target turnamen mungkin di 300 sudah mulai podium terus. Dan di 500 juga kalau bisa sudah mulai mendekati podium terus,” pungkasnya.

Pada pekan depan, Komang akan bertanding di Thailand Open 2024 dengan memulai perjalanannya di babak 32 besar. Turnamen Super 500 itu dijadwalkan berlangsung pada 14-19 Mei mendatang di Bangkok, Thailand.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini