Share

3 Pebulu Tangkis Malaysia yang Pernah Kalahkan Legenda China Lin Dan, Nomor 1 Musuh Bebuyutan!

Cahyo Yulianto, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2024 21:21 WIB
https: img.okezone.com content 2024 05 08 40 3006174 3-pebulu-tangkis-malaysia-yang-pernah-kalahkan-legenda-china-lin-dan-nomor-1-musuh-bebuyutan-k4jUQYXyCj.jpg Lin Dan dan Lee Chong Wei merupakan musuh bebuyutan (Foto: Instagram/@leechongweiofficial)
A A A

BERIKUT tiga pebulu tangkis Malaysia yang pernah kalahkan legenda China Lin Dan. Salah satu di antaranya adalah musuh bebuyutan sang pemain!

Tercatat, Lin Dan memainkan 793 pertandingan sepanjang karirrnya dengan 662 menang dan 131 kalah. Dari catatan tersebut, ia sukses merengkuh setidaknya 66 gelar juara di mana dua medali emas Olimpiade menjadi prestasi terbaiknya.

Lin Dan

Dari catatan 131 kekalahan, rupanya hanya ada 15 pertandingan di mana Lin Dan kalah dari pebulu tangkis asal Malaysia. Ia bertanding sebanyak 90 kali dengan total 23 pemain asal Negeri Jiran.

Lin Dan setidaknya mencatat 75 kemenangan. Sementara, 15 laga sisanya berakhir dengan kekalahan. Menariknya, jumlah itu didapat hanya dari tiga pemain saja! Siapa saja?

3 Pebulu Tangkis Malaysia yang Pernah Kalahkan Legenda China Lin Dan

3. Liew Daren

Liew Daren

Liew Daren merupakan mantan tunggal putra Malaysia yang pernah menjadi peraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia 2018. Ia pernah bertemu dengan Lin Dan sebanyak tiga kali. Akan tetapi, hanya sekali kemenangan diraih atas legenda China itu.

Momen itu terjadi di ajang Korea Open 2019. Liew Daren secara mengejutkan menumbangkan Lin Dan secara straight game, 19-21 dan 14-21 dalam waktu selama 43 menit.

2. Ong Ewe Hock

Lin Dan

Pebulu tangkis yang aktif di era 1990-an hingga awal 2000-an ini tercatat pernah menang dua kali melawan Super Dan dalam empat kali pertemuannya. Kemenangan pertama Ong Ewe Hock terjadi pada pertemuan pertama mereka di Malaysia Open 2001.

Setelah itu, giliran Lin Dan yang menumbangkan legenda Malaysia itu dua kali beruntun pada Denmark Open 2001 dan Korea Open 2002. Kemudian di pertemuan terakhir mereka pada ajang Malaysia Open 2002, Ong kembali meraih kemenangan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

1. Lee Chong Wei

Lee Chong Wei

Tentu saja nama pemain satu ini harus masuk. Persaingan mereka merupakan salah satu yang terpanas dan seru sepanjang sejarah.

Total, keduanya bersua diatas court dalam 40 kali kesempatan. Lin Dan unggul head to head dengan memenangkan 28 pertandingan di antaranya. Sedangkan Lee menang dalam 12 pertandingan.

Namun yang paling menarik, pertemuan Lin Dan dan Lee Chong Wei 22 kali terjadi di babak final dan 15 kali di semifinal. Bahkan, keduanya bertemu dua kali di final Olimpiade dan Kejuaraan Dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini